RSS

Menyambut Ibadah Kurban dan Maknanya

16 Nov

Hari Rabu (17/11) merupakan hari bahagia bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah kurban. Jika dilihat sejarahnya, ibadah kurban merupakan perintah Allah SWT melalui Nabi Ibrahim As untuk menyembelih Sang Putra Nabi Ismail As (QS Ash-Shafat [37]: 102). Ketika menerima perintah kurban ini lebih dari 3.000 tahun yang lalu, Nabi Ibrahim As benar-benar berada dalam kondisi kehidupan yang boleh dikatakan serba susah. Perintah untuk menyembelih putranya merupakan tugas yang berat karena Sang Putra lahir setelah sedemikian lama beliau menantikan kehadiran seorang anak. Namun, ketika perintah Ilahi diberikan, maka hanya keikhlasan yang dapat menjadi pegangan, dan segala kesenangan hidup harus ditinggalkan untuk memenuhi perintah-Nya.

Jika sejarahnya demikian mulia, lalu apakah makna kurban di hari raya Idul Adha ini?

Jika kurban hanya dimaknai sebatas ibadah ritual dengan menyembelih binatang ternak semata, maka selama itu pula nilai kurban akan berakhir dengan habisnya pembagian daging binatang sembelihan. Namun, jika kurban lebih dimaknai sebagai ibadah sosial yang menekankan pengorbanan harta, keuntungan, waktu, pangkat, dan bahkan jiwa, demi kepentingan sesama, maka semangat kurban akan menjadi bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Di tengah ancaman krisis ekonomi global yang terus memburuk, sudah selayaknya pemimpin bangsa, pebisnis, dan kelompok masyarakat atas, menunjukkan solidaritasnya dengan meringankan beban rakyat kecil. Dengan membagikan daging kurban kepada sesama, maka sekaligus akan menumbuhkan jiwa sosial yang universal, karena sebagaimana disyariatkan Islam, dalam pembagian kurban, tidak mengenal adanya agama yang dibeda-bedakan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 16, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: