RSS

Cek Tanda Kebohongan Lawan Bicara

23 Okt

Mungkin jika Anda mencurigai sesuatu atau seseorang, namun sebenarnya, cukup sulit untuk mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak. Beberapa orang bisa berbohong dengan amat mudah seperti mereka mengatakan hal sebenarnya. Ada beberapa cara untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak, bisa dilihat dar bahasa tubuh, seperti tampak gugup, cemas, atau cenderung terus menerus melihat ke arah lain, bukan ke arah mata Anda.

Bicara cepat. Orang yang sedang berbohong biasanya akan berbicara sangat cepat dan dalam kalimat yang pendek agar situasi tersebut segera berlalu.

Mata sering bekedip. Orang yang berbohong biasanya akan lebih sering mengedipkan mata atau menghindari kontak mata, karena kondisi psikisnya yang tampak gugup.

Tertawa berlebihan. Orang yang berbohong biasanya berpura-pura menunjukkan bahwa dia adalah teman yang bisa dipercaya, namun dengan rasa setia kawan yang berlebihan.

Kebingungan. Orang yang berbohong biasanya akan menunjukkan kebingungan saat diajak berbicara, karena ia sekaligus juga memikirkan kesalahannnya di waktu yang sama, sehingga ucapannya menjadi tidak focus atau mengalihkan pembicaraan. Si pembohong juga dapat berpura-pura bingung, agar ia dapat mendengar pendapat orang lain dan menyetujui mereka. Ia juga akan menjadi berbicara mengenai hal yang tidak penting dan mungkin terlalu detail.

Bahasa tubuh yang aneh. Orang yang berbohong biasanya akan memproteksi dirinya, seperti mundur ke belakang, menyilangkan lengan, atau meremas tangan. Bahkan, terkadang ia berperilaku yang sebaliknya, ingin berkata tidak tetapi menganggukkan kepala.

Selalu gugup. Ketika si pembohong tidak siap untuk mengatakan kebohongannya tanpa direncanakan sebelumnya, maka jawabannya akan menjadi tidak tepat dan tampak tidak ‘nyambung’.

Mudah tersinggung. Orang yang berbohong menjadi cepat tersinggung, cenderung menutup telepon atau cepat mengalihkan pembicaraan.

Cara bicara yang mudah ditebak. Anda dapat mendengarkan dengan baik cara bicara dan apa yang ia bicarakan, dan Anda dapat menemukan ketidakkonsistenan dalam pembicaraannya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: